Monday, April 3, 2017

Efek buruk dibalik salah melakukan selfie

Tags

Pernah kah sahabat melakukan selfie?
Sahabat pastinya taukan selfie itu apa?
Ya selfie itu bisa diartikan sebagai salah satu pengambilan pose gambar diri kita sendiri, yang biasa anak anak gaul bilang Foto narsis.

Hari gini gax ada foto selfie, apa kata dunia, bisa dibilang seperti itu kata mereka.

Secara saat ini telah memasuki dimana eranya sosial media, hampir setiap hari kita bisa menemukan yang namanya foto selfie. Pasti sahabat disini sebagian besar punya akun sosial media, seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lain lain. Nah, siapa ayo yang sering melakukan selfie??

Tidak dipungkiri bahwa sebagian orang diseluruh dunia melakukan selfie, sebelum mengetahui lebih jauh efek buruk salah melakukan selfie. Simak sejarah selfie seperti apa disini.

Sejarah Selfie

Pada waktu itu selfie ditemukan oleh orang bule diseberang sana, setau saya namanya Robert Cornelius merupakan seorang berkebangsaan Amerika yang juga perintis dunia fhotografi, dimana dia membuat ekspresi dirinya ditahun 1839 dan dinobatkan sebagai foto seseorang pertama kali. Dikarenakan proses saat pengambilan gambarnya lambat, dia mengungkapkan lensa mengalami tembakan selama satu menit atau lebih. Kemudian dia mengganti dengan penutup lensa.

Baca juga : 10 Fakta mengenai deepweb

Debut pertama portable kotak kamera kodak Brownie yang dimulai pada tahun 1900 yang menyebabkan teknik fotografi diri sendiri menjadi lebih luas, kemudia metode ini biasanya media cermin untuk menstabilkan kamera baik pada objek dekat atau tripod saat framing melalui fiewfinder dibagian atau kotak.

Selanjutnya, seorang wanita remaja yang bernama Anastasia Nikolaevna berkebangsaan Rusia, yang menggambil fotonya sendiri dengan menggunakan cermin untuk dikirim ketemannya pada tahun 1914 pada usia 13 tahun dalam pengiriman surat dengan menyertakan foto dirinya sendiri, dan mengatakan "aku telah mengambil gambarku sendiri dengan melihat cermin.

Sumber: www.masirul.com

Seiring berjalannya waktu selfie semakin mulai dikenal pada khalayak umum sehingga dikenal dengan super selfies (Mengupload foto sendiri dinternet), meskipun pada masa itu bukanlah menggunakan kamera smartphone dan pertama kali diupload diinternet pada salah satu laman web pada tahun 2001. Termasuk  termasuk foto yang diambil di akhir 1990-an ( ditangkap oleh Internet Archive pada bulan April 2004 ) . Kemudian penggunaan awal Selfie dapat ditelusuri pada tahun 2002.  Dann ini pertama kalinya muncul di sebuah forum internet Australia ( ABC online ) pada tanggal 13 September 2002.

Perkembang zaman dibidang teknologi semakin maju, sehingga pada tahun 2009 dalam gambar hosting dan hosting vidio situs Flicks juga menggunakan selfies, yang menggambarkan bentuk dirinya yang diposting oleh kebanyakan gadis gadis remaja. Hingga saat ini perkembangan selfie terus berkembang dan semakin populer pada penghujung tahun 2012.

Nah, sahabat.
Menurut kalian apa maksud dan tujuan orang melakukan selfie?

Menurut saya bisa dikatakan bahwa selfie merupakan satu revolusi diri dimana seseorang ingin diakui oleh orang lain dengan memajang atau memamerkan foto tersebut dan di upload ke sosial media. Namun sebagian orang mengatakan hal ini merupakan salah satu bentuk eksplorasi diri dan bukan bermaksud untuk narsis. 

ah itu terserah mereka..itu juga kesenangan mereka, foto juga foto mereka hahahaha, ngapain mau diambil pusing.
saya aja suka selfie.

O iya, melakukan selfie sah-sah saja asalkan jangan sampai terlihat janggal dimata yang melihatnya sehingga akan berakibat membahayakan diri untuk dijadikan bahan ejekan.

Berikut trik selfie yang bisa sahabat hindari dan mungkin menjadi sebagai referensi.

1#. Jangan terlalu pamer pada wajah

Selfie memang lebih cenderung memperlihatkan wajah. Tapi sahabat tidak harus selalu mengeksploitasi bagian wajah.
Kalau ada nilai plus tidak mengapa. hahaha

Sumber:www.google.com

Namun kalau yang biasa-biasa saja bagaimana, maaf ya lancang saya menulis sesuai fakta dan realita. Pastikan jika sahabat melakukan selfie setidaknya sisipkan sedikit sehingga hasil selfie memiliki 30% latar belakang bisa dibilang sebagai baground gambar.

2#.Selalu melakukan pose selfie yang sama

Sekarang, coba sahabat perhatikan pada saat melakukan browsing dan online disosial media seperti facebook dan twitter. Pernah tidak sahabat melihat pose selfie setiap kali posting gambar, itu itu saja. Apakah tidak merasa terganggu, begitulah gambaran ketika orang lain melihat foto selfie kita.
selfie memang sebuah aksi narsisme, tetapi bukan berarti selalu dilakukan secara terus menerus, jangan biarkan mereka muak dengan apa yang anda selalu postingkan, yang ditakutkan hal tersebut menjadi bahan hujatan mereka, akan berdampak jelek bagi kita.

3#.Caption Buruk

Terakhir ketika anda mendapatkan selfie dengan pose terbaik, pastikan caption yang anda berikan juga baik.

contoh : pada saat sahabat mengupload foto selfie terus menyertakan caption seperti ini
"Ketampanan saya tidak memang luar binasa"

Yakinlah, bahwa anda akan banyak mendapatkan notifikasi yang berisi hujatan bahkan mungkin di-unfriend saat itu juga.

Kalau sahabat mau mencobanya silakan ya, resiko ditanggung sendiri hahaha.

Baca juga : waspada cybercrime 

Demikian info mengenai efek buruk dibalik salah melakukan selfie, semoga bermanfaat terima kasih telah berkunjung.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini