Sunday, February 26, 2017

Pengertian Niche Blog

Tags

Waktu saya pertama terjun kedunia bloging, saya benar-benar bingung sekali, apa yang mereka bicarakan, mengenai istilah istilah yang biasa para maniak blog katakan.



Jadi saya ikutin deh kata mereka, langkah - langkah mereka memulai bloging seperti apa,

nah lucunya itu lo sampai sekitar hampir sebulan saya masuk didunia bloging tidak tau dengan istilah yang satu ini. istilah yang biasa mereka bicarakan yaitu Niche Blog.

Niche Blog....  Apa itu?


hampir setiap hari saya belajar dan berinteraksi melalui dunia maya bersama mereka, lagi lagi yang mereka bicarakan Niche blog. Aneh tau gak bagi kita yang baru seperti ini.

Seiring berjalannya waktu, malu juga sih rasanya mau bertanya kepada mereka...... karena bagi saya waktu hampir sebulan belajar bloging dan nulis artikel tidak tau tentang kata sederhana itu.

Apaaa Kata DUNIA hahahahhahaha

Pada akhirnya biar lebih enak ya saya searching aja di mbah google, ketemu juga artinya

emang mbah google mantap.

Berjenis jenis pengertian yang saya dapatkan diantaranya :


  • Niche Blog adalah yang hanya fokus membahas satu pokok topik / tema saja.
  • Sesuatu topik yang membahas satu topik saja dan tidak membahas topik yang lain.
  • Topik utama yang kita bahas dalam blog kita
  • Sesuatu kata unik yang disematkan didalam blog.
wah, itu lah beberapa pengertian yang saya dapatkan dari hasil searching mbah google.
Jadi saya simpulkan, berarti niche blog itu seperti sebuah bentuk frase kata yang kita buat dalam suatu yang akan kita bahas dalam menciptakan blog itu.

Bener gak sih kawan - kawan?
Jadi saya contoh aja ya. seperti kalau kita ingin membuat blog bertopik Traveling, berarti pembahasannya seputar traveling aja, cerita pengalaman traveling, tempat dan lain lain mengenai traveling.
Contoh kedua masalah dunia internet marketing, hampir semuanya pembahasan didalam artikel yang dibuat mengenai internet marketing.

ya kurang lebih seperti itulah anggapan saya. 

Lalu ada pertanyaan didalam hati. "Lalu Niche Blog punya mu bang apa? kasih tau gak ya...
heheheheh

Sebenarnya secara awam pun kalian udah tau bah saya niche blognya apa, jadi tidak perlu lagi lah saya bilang.

Kelebihan dan Kekurangannya Niche Blog

Sebelum kita bicara lebih lanjut, pernah lihat kan setiap anda membaca sebuah artikel diinternet, ada beberapa isi konten yang terdapat didalam blog, campur campur, alias gado-gado, ada juga yang fokus pada satu hal. Nah ingat-ingat dulu lah ya, setelah nyambung jadi baru anda lanjut baca kebawah ya.

Baca juga (Masalah utama yang sering dilakukan blogger pemula)

Kelebihan

1. Lebih Mudah di optimasi

2. Secara khusus akan membuat semakin terlatih pada bidang sesuai bidang yang ditekuni

3. Kalau udah yang namanya satu topik yang pasti akan membuat para pengunjung akan dengan mudah mengenal alamat blog anda.

4. Memudahkan kita dalam membangun sebuah komunitas,

5. Apalagi dalam urusan Ide pasti akan lebih mudah

6. Kalau udah yang namanya niche blog nya tidak gado gado, pengunjung akan menikmati setiap tulisan yang ada, akan dipastikan akan selalu mudah dalam mencari informasi didalam blog yang sama, saya aja terkadang suka banget dengan yang namanya blog membahas tema yang sama.

7. Niche blog yang ok pasti akan disenangi oleh google

Kekurangan

Masalah traffic jangan ditanya lagi lama teman teman, karena jika kita hanya membahas satu topik, yang namanya manusia kan berbeda beda tu, kita hanya bisa membawa orang orang yang sama mengalami dan senang akan hal yang sama dengan kita.

Jenis Jenis Niche Blog

1. Theme Niche adalah yang mengarah ke suatu topik tertentu saja, misalnya kalau anda membahas mengenai blog, maka pembahasannya didalam blog tersebut seputar dunia bloging saja.

2.  Whole Niche adalah yang pembahasannya mengarah hampir seluruh topik,  ketika membahas mengenai Smartphone, jadi pembahasannya hanya seputar smartphone, seperti contoh keluarnya jenis handphone terbaru, informasi perkembangan prusahaan smartphone, dan lain-lain.

3. Broad Niche adalah Niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik dapat dikatakan jangkauannya luas namun tidak menyeluruh, contoh seperti membahas mengenai smartphone merk samsung, jadi pembahasan hanya seputar samsung.

4. Micro Niche merupakan salah satu jenis niche blog yang paling detail sehingga dapat diartikan sangat sempit. contoh misalnya blog yang membahas seputar seo, mereka akan membahas mengenai itu saja.

Sebagai tambahan nih bagaimana cara kita Me-monitize niche blog itu?

- Jual jasa
- Jual ebook
- Afiliasi yang telah banyak di internet salah satunya yang sering digunakan adalah amazon.
- Memanfaatkan layanan PPC baik lokal maupun luar negeri.

Baiklah teman-teman cukup sampai disini dulu pembahasan mengenai niche blog hari ini semoga dapat memberikan manfaat bagi pembaca.




4 komentar


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini