Sunday, February 19, 2017

10 TIPS BERHENTI MEROKOK

Merokok merupakan salah satu kebiasaan kita yang sehari hari, ada pepatah teman saya bilang, "biar aku gax makan 2 hari asalkan dimulutku bisa berasap". gila ya bikin sampai segitunya. haiiiii tapi ya sudahlah mau nasehatin orang sedangkan bapak saya perokok aktif, kasihan juga kalo melihatnya tidak merokok, hehe kelihatan linglung. Mohon maaf sebelumnya bukan untuk mengintimidasi bagi perokok, saya menulis artikel ini, yaa mungkin saya artikel ini bermanfaat bagi anda barangkali anda yang perokok aktif berniat ingin berhenti dari rokok.

Menurut dokter bahwa merokok itu sebenarnya sangat berbahaya, memang secara tidak langsung efeknya tidak kelihatan namun seiring berjalannya waktu sangat fatal sekali bagi kesehatan, nah bagi anda sebelum terlambat ada baik nyakan kita berubah. berikut 10 Tips yang mungkin bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi anda bila ingin berhenti merokok :


1. Berhenti secara perlahan

Pertama bagi anda yang sangat perokok aktif mungkin sangat sulit bagi anda melakukannya, kalo tidak bisa sekaligus langsung berhenti nyantai ajalah, sedikit demi sedikit asalkan bisa berhentikan tidak apa apa.

2. Mulai dengan hal yang paling mudah 

Biasanya yang namanya manusia segala sesuatu akan selalu mengejar hal yang paling mudah terlebih dahulu. Ingat waktu kapan saja kita merokok, sedikit demi sedikit kita lakukan perubahan.

3. Mengatur Jadwal

Aturlah jadwal karena hal ini cukup sulit dilakukan, jangan terlalu berambisi untuk berhenti total, nanti malah jadi berantakan, aturlah sesuai dengan kemampuan tidak juga durasi merokok terlalu lama atau tidak juga terlalu cepat. jangan cepat putus asa dengan usaha yang anda lakukan yang penting lakukanlah dengan niat hati yang paling dalam bahwa anda ingin berhenti.

4. Ubah Kebiasaan Makan

Biasanya nafsu makan akan meningkat ketika kita akan berhenti merokok, jangan penuhi perut dengan yang manis dan berlemak, karena dapat menimbulkan masalah baru seperti obesitas, sebaiknya kita memilih mengkonsumsi buah dalam menunda lapar.

5. Mencari Kesibukan Baru

Hal ini biasanya sangat sulit dilalui terutama bagi yang tidak banyak kegiatan, usahakan cari kesibukan apasaja, tapi yang bersifat positif ya. Seperti melakukan joging, fitnes, atau kegiatan olahraga yang lainnya.

6. Menghindari Fikiran merokok Setelah Makan

Nih, bagi yang terlalu aktif akan sulit sekali melakukannya, karena kalau habis makan pasti carinya rokok dengan alasan mual kata mereka, cobalah cari kegiatan baru seperti menyikat gigi atau ngemut permen sebagai pengganti rokok.

7. Perbanyak Wawasan

Untung loh kalau kita banyak wawasan apalagi seputar kesehatan, sering sering mencari informasi, baik itu dari internet, buku, maupun referensi lainnya, salah satunya tentang berbagai efek samping rokok, dan cara penanganannya.

8. Jangan Mengkritik

Nah ini merupakan kegiatan jelek bagi perokok aktif yang ingin berhenti kemudian mendampingi pencandu perokok, karena hal ini akan menyurutkan semangat mereka jika mereka ingin berhenti, ada baiknya kita memberikan masukan, semangat untuk mereka untuk yang berkeinginan berhenti.

9. Selalu Berfikir Positif

Tetaplah selalu berusaha dan berfikir positif, tentang efek buruk rokok terhadap tubuh anda kemudian berfikir perbedaan kesehatan anda setelah berhenti merokok, dan kemudian rasakanlah perbedaan tersebut.

10. Bedoa

Selagi niat kita baik Tuhan yang Maha Esa akan selalu mendengarkan curahan hati kita, apalagi anda telah berusaha dan bersusah payah untuk melakukan hal tersebut.

Terima Kasih telah berkunjung diblog saya semoga bermanfaat bagi teman teman.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini