Tuesday, February 21, 2017

10 Cara dalam Mengatasi Penyakit Batuk


Batuk adalah salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh virus, dan juga respon alami dari tubuh dalam mempertahankan segala jenis gangguan dari luar. Ada dua jenis batuk yaitu batuk berdahak dan batuk kering. Butuh kesabaran jika anda terserang virus penyakit batuk ini, karena selain dada dan tenggorokan yang dirasakan tidak nyaman kita biasanya kalau yang batuknya parah akan sangat mengganggu sekali ketika kita akan istirahat malam bisa dikatakan tidak bisa tidur dengan nyenyak. Menurut orang informasi yang saya dapatkan batuk dapat sembuh dengan sendirinya, dalam waktu kurang lebih tiga sampai empat minggu. Namun kita setidaknya dapat mengurangi rasa ketidaknyamanan yang disebabkan oleh batuk. Pada artikel kali ini saya akan memberitahukan sedikit tips dari yang biasa orang tua kita gunakan dalam mengurangi rasa gatal di tenggorokan kita.

1. Jeruk Sambal

Siapa sih yang tidak kenal dengan barang yang satu ini, buah yang kalau didunia internasional biasa dikelompokkan sebagai jenis citrus ini, ditempat kita sangat banyak ditanam selain sebagai salah satu pelengkap bumbu dapur, sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat, biasanya juga jeruk sambal digunakan sebagai penghilang bau amis dari segala jenis daging, ikan, ayam, dan lain lain. Udah deh pasti tidak asing bagi anda, ternyata jeruk sambal juga bisa mengatasi, atau mengurangi rasa gatal pada tenggorokan kita, caranya sangat gampang sekali, ambil satu buah jeruk sambal lalu belah menjadi dua bagian, terus langsung kita serut atau diisap deh jeruk sambal tadi, hemmmmm pasti asem banget tu kalo mau enak ditambahin kecap sedikit hahahha.

2. Daun Kemangi

Nah buat yang nomer dua ini pasti tidak asing jugakan, tapi mungkin saya akan memberikan ciri-ciri sedikit deh biar anda mengetahuinya. Daun Kemangi biasanya banyak terdapat di Warung Makan seperti Lamongan, biasanya sih Pecel Lele, Pecel Ayam, dan lain-lain, pasti ada tu. Top teen bingung juga sih kenapa yang kok ada daun kemangi gitu, kalau menurut Top teen sih kemungkinan hanya pelengkap aja kali ya. hehehe. Sekarang anda pasti lagi terbayang ya, ups. Kembali lagi pada topik kita tentang Tips atasi batuk, ternyata Daun Kemangi juga termasuk tumbuhan alami yang juga bisa mengatasi batuk, daun kemangi memiliki peran dalam mengobati batuk sebagai ayurvedic dan ekspektoran, yang berfungsi sebagai penghancur lendir di bronkitis dan pada asma kita.

3. Daun Sirih

Masih dengan dedaunan, nah kali ini daun sirih. Terkadang kita merasa risih jika penyakit yang disebabkan oleh virus ini melanda kita, rasanya mengganggu sekali. Dari nenek moyang kita dulu memang daun sirih ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan kita, termasuk dalam mengobati atau meringankan batuk.
Berikut cara yang mungkin anda bisa praktekan dirumah, ambil beberapa helai daun sirih kemudian cuci hingga bersih kemudian anda campur dengan segelas air putih lalu diblander, namun jika tidak memiliki blender maka anda bisa menggunakan dengan cara di rebus, lalu air dari daun sirih ini kita cambur dengan jeruk lemon, kemudian minum niscaya batuk anda akan berkurang.

4. Air Hangat

Selanjutnya air hangat. Hangatnya air akan berdampak pada hancurnya lendir yang tertahan pada tenggorokan kita, oleh karena itu Air hangat bisa juga menjadi alternatif bagi kita dalam mengurangi rasa gatal pada tenggorokan.

5. Madu

Madu selain rasanya enak, juga banyak manfaat bagi kesehatan kita. Beberapa penelitian berhasil membuktikan pada beberapa anak penderita batuk, bahwa madu ternyata dapat mengurangi batuk, dengan meminum satu sendok setiap beberapa jam sekali ternyata dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan. Sejak jaman nenek moyang memang madu telah dipercaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit secara alami kandungan nutrisi dan antioksidan serta sebagai antimikroba sangat efektif sekali dalam meredakan sakit pada tenggorokan.

6. Jahe

Jahe juga merupakan salah satu jenis rempah, jahe sangat mudah kita jumpai, selain untuk menghangatkan ternyata jahe juga bisa mengobati batuk yang disebabkan zat antibakterian yang terkandung didalamnya. caranya adalah ambil sepotong jahe, secukupnya aja kemudian iris iris lalu direbus, setelah itu saring pisahkan antara jahe dan air, kemudian air rebusan jahe tersebut anda minum.

7. Daun Asam Muda

Daun asam muda juga bisa anda gunakan sebagai obat batuk apalagi batuk berdahak daun asam muda paling efektif dalam menanggulangi virus batuk tersebut. Caranya siapkan bahan bahan terlebih dahulu seperti gula batu secukupnya, daun saga manis, kayu manis, kemudian daun asam muda. Seluruh bahan bahan tersebut anda campur menjadi satu lalu direbus, hingga mendidih, lalu kemudian disaring, terakhir air rebusan yang disaring anda minum.

8. Mawar Merah

Jika salah satu tumbuhan bunga ini terdapat di pekarangan rumah anda, bisa anda gunakan sebagai obat dalam mengurangi rasa batuk anda. Rebusan air bunga mawar merah bisa kita minum, carnya adalah ambil sekitar 10 sampai 12 gram bunga mawar kemudian anda tim, atau anda rebus, lalu anda saring. kemudian anda minum, sebagai tambahan anda juga dapat menambahkan gula jika ingin berasa. kayak sirup dong ya hehehe

9. Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh terkadang dijadikan sebagai lauk pada campuran sambal, Nah ternyata tidak hanya itu lo... belimbing wuluh juga dapat meringankan batuk anda. caranya adalah ambil 5-6 buah belimbing wuluh cuci bersih kemudian diblander, lalu campur kira-kira segelas air hangat lalu jus belimbing wuluh siap untuk diminum, usahakan 2 kali sehari ya. minumnya jika ingin oftimal pengobatannya.

10. Kencur.

Kalau ini awalnya saya belum pernah mencoba, tetangga yang kebutulan tukang jual jamu menyarankan jika batuknya belum sembuh coba aja kencur dicampur sama madu kemudian ditambah dengan sedikit garam. Sekali saya coba keesokan harinya ternyta memang benar, rasanya plong banget dah pokoknya.

Sekian artikel saya hari ini semoga bermanfaat serta penyakit yang diderita lekas sembuh.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini