Friday, April 7, 2017

Perbedaan Alexa dan Histats

Selamat sore sahabat berrpedia.com.
Seperti biasa masih seputar dunia blog, dan embel embelnya. Karena saya merupakan newbie blog ternyata banyak hal yang mesti harus saya pelajari, sambil mempelajari setiap perjalanan yang saya rasakan kemudian saya akan tuangkan dalam bentuk beberapa paragraf. 

Buat para mastah mohon maaf telah mengulas kembali mengenai beberapa tool yang ada pada blog, niat saya hanya ingin menulis dan selalu berusaha mengukir setiap perjalanan saya dalam memulai dunia blogging melalui bentuk tulisan.

Berdasarkan pengalaman saya sering kali menemukan beberapa tool dalam blog mereka, yaitu alexa dan histats. jujur ya saya benar-benar bingung dengan beberapa tool tersebut.
Setelah search di mbahnya google, dan menemukan beberapa artikel yang membahas keduanya, tetapi saya lihat sangat membingungkan. Apa otak saya yang salah kali ya, maklum agak lemot hahahaha

Ok, langsung saja ya.

Apa itu alexa dan histats?

Alexa merupakan anak dari perusahaan amazon yang menyediakan data komersil mengenai traffic web.
Histats merupakan salah satu situs website yang memberikan fasilitas bagi member atau anggota untuk memonitor aktifitas pengunjung. 

Melihat dari pengertian diatas kelihatan sama. Tadinya saya juga mengira kedua tool ini seperti itu, karena saya melihat berdasarkan pengertian keduanya sama sama berfungsi menampilkan aktifitas traffic pengunjung. Namun  ada perbedaan keduanya,
Ternyata berdasarkan fungsinya saya lihat jika alexa menampilkan traffic berdasarkan peringkat website maupun blog, sedangkan histats memantau pengunjung dengan menampilkan jumlah pengunjung berdasarkan harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan.

 Manfaat 

Berdasarkan cara kerja alexa, mengumpulkan informasi dari berbagai sumber guna menampilkan informasi dari setiap situs diwebsite maupun blog. Keterangan tersebut bermanfaat guna memperlihatkan kedudukan blog yang kita miliki.

Histats bermanfaat sebagai acuan bagi pengunjung tentang seberapa kepopuleran blog yang kita miliki, karena dengan menampilkan widget ini salah satunya menambah seni dari template tersebut.

Berdasarkan manfaat jika memilih salah satu dari keduanya saya akan lebih memilih alexa dari pada histats. menurut saya fungsi dari histats tak ubahnya dengan sistem bawaan dari blog itu sendiri karena hanya berfungsi sebagai bentuk sebuah laporan kegiatan asal pengunjung atau hanya memperlihatkan traffic saja, lagi pula histats kelihatannya berat, bila dipasang didalam widget blog.

Sistem kerja Alexa yaitu memberikan peringkat berdasarkan jumlah pengunjung unik, jadi jika sahabat berhasil mendapatkan lebih banyak traffic ke situs blog, maka situs blog sahabat akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.

Untuk caranya saya juga masih bingung, sebenarnya sih ada karena masing masing mastah telah menulisnya, mohon maaf namun semua perlu pembuktian lebih dulu, dan harus saya praktekkan, kalau gak rasa penasaran saya tidak akan terpecahkan. hehehehe

Baca juga : Panduan membuat rss menggunakan feedburner

Demikian artikel ini semoga bisa memberikan manfaat bagi pemula blog.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini