Saturday, March 18, 2017

Panduan membuat Privacy Policy dan Disclaimer dengan mudah

Tags

Selamat berkunjung kembali diblog sederhana saya ini.

Kali ini akan melanjutkan artikel yang lalu, dimana menjelaskan, pentingnya privacy policy dan disclaimer.

Baca juga : apa itu privacy policy dan disclaimer

Setelah kita mengetahui masing-masing pengertian dari yang diatas, mungkin sahabat ingin mencoba membuat dan menyematkan pada website atau blog sahabat. Sebenarnya sih jika kita googling telah banyak artikel yang menyajikan tutorial ini.

Lalu yang jadi pertanyaan? kalau sudah banyak di search engine mengapa dibuat lagi artikelnya.

Nah, mudah saja menjawabnya, "suka-suka saya dong ya!!!" hahaha   (Just Kidding alias bercanda)

Artikel ini dibuat, karena berdasarkan pengalaman saya saja, karena disetiap kegiatan dalam dunia blogging, terlebih karena saya adalah seorang pemula, jadi hanya berniat untuk berbagi, mungkin saja hal ini bisa menjadi tutorial yang bisa membantu sahabat.

Ok kita lanjut.

Pertama cara membuat Privacy policy

Sebelum kita lanjut pada tahap pembuatan perlu saya ingatkan bahwa sahabat newbie bloger telah menyiapkan segala bentuk persiapan termasuk template, menyiapkan tempat di sub menu mana kita akan menyimpan perlengkapan tersebut pada blog kita, sehingga nantinya akan memudahkan pengunjung dalam menilai website atau blog kita. 

Dalam hal ini saya anggap sahabat telah paham mengelolah script PHP pada template blog sahabat. 

Jika sahabat telah menyiapkan langsung saja kunjungi link ini.

Sahabat akan melihat seperti yang di tunjukan pada gambar berikut.





Selanjutnya sahabat isi form tersebut.
  • Your Site Title :"isi nama website atau blog"
  • Your Site URL :"isi URL website atau blog sahabat" dengan contoh www.bocahingusan.com atau lainnya sesuai dengan nama url website atau blog sahabat. 
  • Contact link  : biarkan saja
  •  Email Address : Isi saja Emailnya sahabat
  • Email Encryption : Pilih Yes
  • Nah pada kolom advertisers on your site : terserah sahabat saja mau isi atau enggak tidak juga pengaruh saya rasa tapi kalau sahabat memilih mengisi setidaknya sahabat sesuaikan saja apa yang ada pada kondisinya, soalnya saya rasa kolom tersebut merupakan pembuatan kolom hasil kerja sama dengan pihak periklanan.
  • Kemudian sahabat langsung saja klik Generate Policy.
Tunggu beberapa saat setelah tombol generate policy kita klik, maka akan muncul tab baru seperti gambar berikut. 



Nah teks itu lah nanti akan kita copy pada blog kita. 

Yang jadi pertanyaan website atau blog kitakan berbahasa indonesia jadi gimana kalau isinya semua bahasa inggris.

caelah ... tinggal translate aja di google hehheh gampang kan

kemudian hasil translate tadi sahabat copas lagi pindahin di blog sahabat dengan cara.

  • Buka Blog sahabat 
  • Kemudian sahabat buat artikel baru seperti menulis artikel pada umumnya, pastekan di situ. Lalu kemudian publish.
Kedua Membuat Disclaimer 

Masih dengan situs privacy policy

seperti gambar pertama yang saya tampilkan diatas. sahabat langsung saja pilih "Disclaimer generator".

Setelah tampil seperti gambar yang diatas, kemudian sahabat isi saja form nya, hampir sama dengan membuat privacy police diatas.
Kurang lebihnya seperti itu yang bisa saya sampaikan untuk Panduan membuat privacy policy dan disclaimer dengan mudah.
Tetapi setelah apa yang kita buat tersebut diharapkan kita hanya menerima hasil mentahnya saja, maksudnya jangan hanya bisa mengcopas dari pembuatan oleh mesin pembuatan privacy policy dan disclaimer tersebut, sebab saya rasa sama saja isinya dengan yang lain. kalau bisa kita menggunakan ini hanya untuk sebagai acuan saja selanjutnya akan diedit lagi agar Privacy policy dan disclaimer yang kita buat benar benar pada kenyataan dan bisa dipertanggung jawabkan. 
Saya rasa tutorial kali ini cukup sampai disini, saya harap ini dapat bermanfaat secara khusus untuk saya sebagai penulis dan umum nya untuk kita semua.



EmoticonEmoticon

Temukan saya disini