Wednesday, April 5, 2017

Panduan membuat rss menggunakan feedburner

Tags



Bila sahabat sering berselencar diinternet baik itu mencari bahan referensi, atau apapun itu. Kadang kala pernah tidak sahabat menemukan sebuah logo seperti ditunjukan pada gambar.

Pasti pernah dong ya..

Ya logo itu adalah RSS. Maklum saya adalah seorang blogger pemula, saya kadangkala melihat hal seperti itu, ketika saya berkunjung pada website dan blog biasa dikenal juga dengan RSS feed. Lalu hadirlah perasaan bingung dan keingintahuan itu muncul dengan beberapa pertanyaan yang mungkin saja ada sebagian sahabat disini juga merasakan hal yang demikian. Seperti, Apa itu RSS ?Apa fungsinya?,  seberapa penting RSS itu bila terdapat pada blog dan website?, bagaimana memasangnya?

Dilansir dari laman Wikipedia.com adalah sebuah file berformat xlm untuk sindikasi yang telah digunakan situs web berita dan blog.

Sampai disini, mungkin sedikit paham kita namun agar lebih mengerti maka sebaiknya kita perjelas lebih rinci agar semakin memahami hal tersebut. Lanjut kebawah sebagai perumpamaan model pertanyaan yang ingin saya sampaikan.

Bagaimana cara kita membaca blog yang kita sukai atau gemari?
Apakah dengan mengunjunginya satu persatu, lalu melihat apakah telah ada update artikel terbaru atau belum.

Bayangkan saja jika kita memiliki daftar referensi tempat membaca satu atau sampai dengan sepuluh blog saya rasa sah sah saja. Akan tetapi jika puluhan bahkan sampai sekitar seratus wah bisa gila. hahahaha

Nah, dari sinilah peran RSS feed. dengan adanya RSS feed keuntungan bagi pengunjung hal ini dapat memudahkan mereka untuk mendapatkan artikel terbaru dari apa yang di posting sang empunya website dan blog. Lagi pula RSS tidak hanya bisa dibaca melalui komputer saja, tetapi juga dari PDA, Handphone, Smartphone, dan lain-lain selama perangkat tersebut memiliki fasilitas feedreader serta terkoneksi dengan internet.

Manfaat RSS feed:

Seperti yang telah saya ungkapkan diatas bahwa hadirnya rss ini bermanfaat sebagai umpan bagi pembaca yang ingin selalu mendapatkan dan bisa selalu mengikuti perkembangan artikel terbaru yang terupdate pada website atau blog.

Sehubungan dengan hal berikut menurut saya pastinya akan berpengaruh pada SEO, bagaimana tidak? 
coba perhatikan dan amati secara seksama pada tulisan saya diatas, "RSS feed sebagai umpan bagi pembaca yang ingin selalu mendapatkan dan bisa selalu mengikuti artikel terbaru" nah, jika hal tersebut diterapkan pastinya menjadi sesuatu yang dapat membantu kita dalam meningkatkan traffic pengunjung blog, soalnya artikel kita yang terbaru akan selalu masuk didalam email pengunjung, terlebih lagi jika judulnya menarik pasti mereka akan tertarik buat membacanya dan berkunjung pada website atau blog kita.

Itu secara logika saja. Tetapi untuk menyakinkan saya juga berkunjung pada salah satu blog teman kita yaitu buka info disini juga menjelaskan bahwa hal tersebut masuk pada kategori tehnik SEO.

Sampai disini apakah sahabat memahami apa yang telah saya paparkan? secara perlahan pasti sahabat juga memahami hal tersebut. untuk newbie blogger saya juga baru belajar mengenai hal ini.

Baca juga : cara membuat sitemap blog

Ok selanjutnya kita masuk pada tahap bagaimana cara membuat rss dengan feedburner untuk website atau blog yang kita miliki.

1#.Pertama login diakun google milik sahabat lalu kita kunjungi feedburner.com, secara otomatis sahabat akan menemukan laman baru seperti yang ditunjukan pada gambar.


lihat pada tampilan tersebut dibawah tulisan "burn a feed right this instant" ada kotak isi dengan alamat url website atau blog milik sahabat. Lalu klik next

2#. kemudian sahabat akan menemukan seperti yang ditunjukan pada gambar berikut.

pada "identify Feed Source" pilih sesuai yang sahabat inginkan lalu klik next

3#. Setelah klik next maka akan terlihat seperti gambar berikut.

pada laman"Welcome!Let us burn a feed for you" dibagian "Feed Tittel" sahabat isi judul website atau blognya, dan pada "Feed Address" isi url blognya sahabat, kemudian klik next

4#.Selanjutnya kita akan menemukan laman baru seperti gambar berikut.
Pada halaman "Congrats!Your FeedBurner feed is now live. Want to dress it up a little?" sahabat klik next lagi. Hingga nantinya sahabat akan menemukan tab baru seperti gambar berikut.

5#.Selanjutnya pada laman "Get More Gusto From Your Feed Traffic Statistics"jangan ada ditambah tambahin apapun langsung aja klik next yang ada dipojok bawah.

6#.Terakhir setelah sahabat klik next, sahabat akan menemukan gambar berikut.

Nah, "you have successfully updated the feed " itu tandanya sahabat telah berhasil menghubungkan website atau blog sahabat dengan RSS feedburner.

Jadi cara membuat rss dengan feedburner untuk website atau blog sahabat sampai disini telah terselesaikan.

Baca juga :Panduan membuat Privacy Police dan Disclaimer

Ok. Demikian tutorial tentang cara membuat rss dengan feedburner untuk website atau blog dengan mudah, semoga artikel ini dapat bermanfaat. Terimakasih telah berukunjung.


EmoticonEmoticon

Temukan saya disini